PENGERTIAN COMMAND PROMPT (CMD)

Pengertian CMD (Command Prompt)
CMD adalah singkatan dari Command Promt. Istilah ini bisa didefinisikan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk text. Dengan CMD, anda bisa mengakses komputer sebagaimana anda mengaksesnya melalui windows explorer. Tapi perlu diketahui juga, ternyata CMD ini memiliki fungsi lain yang begitu signifikan. Malah ada pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan CMD sebagai salah satu sarana melakukan peretasan.
Kode CMD Seringkali digunakan oleh para cracker untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda. Karenanya bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, ada harus ekstra hati hati. Instalkan antivirus original dan selalu aktifkan windows firewall supaya komputer anda tidak mudah untuk ditembus oleh orang orang tidak bertanggung jawab di luar sana. Jika password administrator anda sampai didapatkan oleh mereka, CMD ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda.
Fungsi CMD yang harus anda tahu
Bagi anda yang masih awam, pastikan anda tahu kalau CMD memiliki banyak fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi anda. Semakin banyak fungsi CMDyang anda kuasai, sudah tentu semakin besar keuntungan yang anda dapatkan. Berikut ini beberapa fungsi dari CMD yang mungkin belum anda ketahui.
  1. Menganalisa kondisi jaringan internet
Fungsi CMDyang pertama dan bisa anda praktikkan dengan mudah adalah untuk menganalisa kondisi jaringan internet dari sebuah situs. Istilahnya PING. Ping ini bisa anda gunakan untuk melihat respon dari sebuah situs terhadap komputer anda. Caranya ketikkan ping diikuti alamat dari sebuah situs seperti misalnya “ping google.com”. Secara otomatis akan terlihat speed dari koneksi yang dibagi bersama situs tersebut. Anda bisa juga menggunakan alamat IP dar sebuah situs sebagai pengganti nama situs tersebut.
  1. Melihat status aktivasi Windows
Tidak hanya untuk mengecek kondisi jaringan internet saja, CMD bisa juga anda gunakan sebagai sarana untuk mengecek status aktivasi windows. Seperti biasa, anda harus masuk terlebih dahulu dalam aplikasi command promt. Kemudian ketikkan kata SLMGR / DLV dan secara otomatis akan keluar jendela baru yang berisikan informasi windows yang anda gunakan dan status aktivasi dari windows tersebut.
  1. Mengecek Kondisi Hardisk
Selanjutnya anda bisa juga mengecek dan menganalisa kondisi hardisk dengan menggunakan fungsi CMD. Pertama tama anda harus masuk ke dalam Command Promt, kemudian ketikkan kata CHKDSK. Untuk komputer yang menggunakan os Vista atau XP, biasanya layar akan langsung blank hitam dan kemudian akan muncul persentase progres pengecekan hardisk oleh CMD itu sendiri. Anda hanya tinggal menunggu progres tersebut hinggaselesai.
  1. Melihat Histori WIFI yang pernah terhubung
Fungsi CMDselanjutnya adalah untuk melihat histori dari wifi yang pernah terhubung ke dalam jaringan komputer atau laptop anda. Caranya juga sangat mudah untuk dipraktikkan. Pertama tama, anda hanya perlu membuka CMD. Klik Start, Accesories, kemudian klik kanan pada Command Promt, Open As Administrator. Setelah CMD terbuka, selanjutnya ketikkan “NETSH WLAN SHOW PROFILES” tanpa tanda kutip. Secara otomatis akan keluar daftar nama dari beberapa jaringan wifi yang pernah terhubung ke komputer anda.

      6. Mengetahui Mac Address Computer

Mac Address merupakan sebuah identitas atau alamat yang di gunakan untuk megidentifikasinya. Secara umum Mac Address yaitu identifier unik pada sebuah perangkat keras jaringan seperti kartu jaringan (Ethernet Card) atau kartu Nirkabel. Setiap komputer mempunyai Mac Address yang berbeda – beda. Maka dari itu jika kita ingin mengetahuinya dapat menggunakan command prompt. Cara untuk mengetahuinya yaitu cukup mudah hanya dengan mengetikan perintah ipconfig/all maka secara otomatis alamat Mac dapat anda ketehui secara cepat.

     7. Mematikan Komputer

Mematikan dan menghidupkan sebuah komputer merupakan sebuah aktifitas yang sangat sering anda lakukan. Dalam mematikan kmputer biasanya yaitu dengan menekan tombol start dan mengeklik  tombol shutdown atau turn off computer pada komputer anda. Dengan menggunakan command prompt anda dapat mematikan komputer anda dengan cara yang tidak biasa atau berbeda dari bisanya. Mungkin cara ini sedikit asing bagi kita, tetapi cara ini sangat ampuh untuk mematikan atau hanya merestart komputer anda. Untuk melakukan metode tersebut syarat utamanya yaitu harus terhubung ke koneksi jaringan internet dan perintah yang di gunakan yaitu slmgr /dlv.

      8. Memeriksa Baterai Laptop

Jika anda ingin mengetahui atau mengecek ketahanan dan kekuatan baterai anda, anda dapat mengeceknya di command prompt dengan sangat mudah. Yang harus anda ketahui yaitu perintah untuk mengecek baterai seperti perintah powercfg energy. Dengan cara yang sederhana tersebut, anda dapat mengetahui kondisi baterai anda masih dalam keadaan baik atau tidak.

9. Menjadikan Laptop Sebagai WiFi tanpa Software tambahan

Anda mungkin tidak terpikir sebelumya bahwa laptop yang anda gunakan dapat juga memancarkan WiFi. Laptop yang biasanya hanya dapat menerima sinyal WiFi, kini dapat memancarkan sinyal wifi dengan menggunakan command prompt. Tanpa menambahkan software apapun, laptop yang anda gunakan dapat memancarkan sinyal WiFi hanya dengan memanfaatkan CMD saja. Cara setingnya di command prompt yaitu dengan mengetikan perintah “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassidanda key=passwordanda”.

10. Mengetahui Kapan Installasi Windows Dilakukan

Jika anda sering melakukan install ulang laptop atau komputer anda, mungkin anda dapat melupakan kapan terakhir kali anda melakukan installasi sistem operasi pada komputer atau laptop anda. Jika anda ingin mengetahui kapan terakhir kali anda melakukan install ulang sistem operasi windows anda, anda dapat memeriksanya menggunakan CMD, yaitu dengan mengetikan perintah systeminfo 1 find/I “install date” (jangan hapus tanda petiknya).

Komentar

Postingan Populer